Thursday, July 5, 2012

Persiapan Meraih Sukses

Persiapan Meraih Sukses - Sukses perlu persiapan. Namun, sebelum kita mempersiapkan untuk meraih sukses, sebaiknya kita harus memahami terlebih dahulu apa itu sukses. Kita harus tahu secara pasti apa yang sedang kita persiapkan agar persiapan kita sesuai. Sesuatu yang ingin kita raih seharusnya kita ketahui dengan pasti definisinya. Sebagaimana kita ketahui sukses adalah tercapainya apa yang kita inginkan dengan suatu usaha tertentu. Dari definisi ini ada tiga unsur sukses yang sangat  penting, yaitu tercapai, ingin, dan usaha.

Saya sudah menulis rahasia meraih sukses di blog saya yang lain. Namun, meskipun kita sudah tahu rahasia meraih sukses, tetapi tidak ada sukses tanpa ketiga unsur tersebut. Jika kita bersandar pada arti sukses ini, maka orang kaya karena warisan bukanlah orang sukses karena dia mencapai apa yang dia inginkan bukan hasil usahanya. Sebaliknya orang yang hanya usaha tetapi tidak mencapai hasil, dia pun belum sukses. Atau ada orang yang mendapatkan sesuatu tetapi bukan keinginannya, maka dia pun belum sukses.

Keinginan Harus Jelas

Unsur yang pertama adalah keinginan yang jelas.  Kejelasan ini sangat penting karena sebagai indikator apakah keinginan kita sudah tercapai atau belum dan yang kedua kejelasan keinginan akan memberikan arah yang jelas dalam usaha yang kita lakukan. Kejelasan ini kita rumuskan dalam sebuah visi dan tujuan. Visi adalah gambaran kita dimasa depan sedangkan tujuan adalah bagian dari visi, atau tujuan adalah tangga menuju visi. Dari mana datangnya visi? Visi datang dari nilai yang kita anut, visi datang dari impian kita, dan visi kita akan sesuai dengan peran hidup kita. Intinya sebelum merumuskan visi, Anda harus memahami apa nilai, peran, dan mimpi Anda. 

Usaha Memerlukan Energi

Tidak ada usaha yang tidak butuh energi. Jadi untuk mempersiapkan diri kita agar sukses ialah kita harus mempersiapkan energi kita. Kita harus memiliki energi yang cukup agar kita bisa mencapai apa yang kita inginkan, seperti sebuah mobil harus memiliki bahan bakar yang cukup agar sampai ke tujuan yang diinginkan. 

Energi tersebut selain energi fisik, juga yang lebih penting adalah energi mental kita, yaitu motivasi meraih sukses. Motivasilah yang akan menjadi energi pendorong kita terus bergerak sampai ke tujuan. Motivasi yang diperlukan bukan hanya pada saat awal saja, tetapi juga diperlukan dalam seluruh perjalanan kita. Seringkali saya melihat ada orang yang hanya memiliki motivasi pada saat awal saja, tetapi loyo setelah berjalan jauh. Untuk itu kita perlu motivasi untuk meraih sukses.
Title: Persiapan Meraih Sukses; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment